Digital Marketing Life Hacks : 1001 Cara Meningkatkan Usaha di Era Digital

Menurut Anda, apa sih yang terlintas di pikiran ketika mendengar “Digital Marketing” ? digital marketing merupakan suatu istilah yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia, pemasaran secara digital (elektronik). Tahun 2019 ini merupakan puncak dari perkembangan dalam dunia digital marketing. Telah banyak pengusaha yang memasarkan produknya melalui hal-hal yang tidak terduga. “1001” cara mereka lakukan tanpa henti untuk membuat calon costumer berpikir, “Apa sih ?”, “Ada apa ya ?”, dan sebagainya. Agar dapat memasarkan produk Anda dengan sukses, Anda perlu membuat rasa keingintahuan calon costumer Anda menjadi sangat tinggi ketika melihat dan mengetahui produk yang Anda tawarkan sehingga ingin menggunakannya.

Kemudahan akses untuk mendapatkan informasi saat ini menjadi lebih mudah. Dengan ini, dunia terasa hanya dalam genggaman tangan saja. Semua informasi bisa didapatkan hanya tinggal klik, klik, dan selesai. Dalam perkembangan pasar digital ini, Anda dituntut untuk masuk ke dunia digital. Anda juga harus bisa menemukan cara yang dapat memudahkan penjualan produk Anda ke dalam dunia yang berbasis digital ini. 


Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan bagaimana 1001 cara itu agar dapat Anda aplikasikan sendiri. Selamat mencoba ! 


  1. Membangun Website

    Website di zaman digital ini sudah menjadi hal yang wajib pelaku usaha pelajari. Oleh karenanya, pelaku usaha bisa mendapat keuntungan berupa pemasaran produk dengan lebih mudah. Saat ini, website sudah sangat mudah dibuat. Contohnya ada di DomaiNesia, tempat pembuatan website dengan harga Hosting termurah di Indonesia. Hanya dengan modal 99 ribu hingga kurang dari 1jt Rupiah pertahun, Anda sudah bisa mendapatkan kemudahan dengan beragam spesifikasi yang menguntungkan. Dengan ini, Anda sebagai pelaku usaha tidak perlu khawatir lagi untuk memulai bisnis di dunia digital.

    Sumber : DomaiNesia 

    Dalam proses pembuatannya, website Anda harus dikemas secara menarik namun tetap fungsional. Desain website Anda tentunya harus membuat pembeli nyaman dengan tampilannya dan menyediakan proses pembelian yang mudah. Atur lay-out website Anda dengan rapi dan apik. Nah, berikut adalah hal-hal penting dalam pengaturan lay-out website yang harus Anda perhatikan :

    a. Logo Perusahaan Anda
                                             
    sumber : DomaiNesia
    Logo merupakan identitas suatu perusahaan agar mudah diingat melalui visual. Karena itu, buatlah logo yang dapat diingat oleh banyak orang dan tempatkan logo Anda pada desain lay-out website.

    b. Kotak Pencarian

    sumber : ikea
    Lay-out ini merupakan bagian penting untuk memudahkan pembeli. Karenanya, calon pembeli dapat mencari produk keinginannya tanpa harus scroll jauh dan mencari satu-persatu. Kotak pencarian ini pasti akan memudahkan calon pembeli.

    c. Penawaran dan Promosi

    sumber : ikea

    Pelaku usaha pasti ingin produknya dikenal dan laku. Dalam menarik minat calon pembeli, cantumkan beberapa penawaran yang diandalkan perusahaan Anda ke dalam website. Penawaran tersebut bisa Anda simpan di halaman utama agar para calon pembeli dapat melihatnya.

    d. Contact Person


    sumber : DomaiNesia

    Contact person atau narahubung juga merupakan hal penting dalam website Anda. Nomor telepon, email, dan yang lainnya bisa Anda cantumkan agar calon pembeli bisa memberi saran atau hanya sekedar bertanya tentang produk Anda.

  2. Membangun Media Sosial

    Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lainnya tentang media sosial merupakan layanan yang membuat semua orang di Bumi ini dapat menyebarluaskan informasi secara cepat. Para pelaku bisnis juga harus bisa mengoperasikan semua media sosial agar usahanya dapat berkembang tidak hanya di satu tempat dan menyentuh banyak kalangan. Dalam pembukaan media sosial untuk usaha, Anda sebagai pelaku usaha harus memperhatikan cara-cara berikut ini :

    a. Bangun Komunitas


    sumber : Line

    Pelaku bisnis harus membuat jaringan yang sangat luas dalam memasarkan usahanya. Membangun komunitas ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan ilmu yang berguna dalam memulai usaha digital. Telah banyak komunitas yang tersedia di Indonesia saat ini. Jadi, tunggu apa lagi ?

    b. Pilih Platform yang Tepat

    Pilih Platform yang tepat ini maksudnya pilihlah tempat yang sesuai dalam memasarkan produk Anda. Pilih media sosial yang dipakai oleh banyak orang saat ini seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sebagai media sosial terbesar abad ini. Persiapkanlah diri Anda dengan mulai melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan platform yang sesuai dan kenyamanan Anda.

  3. Membuat Konten yang Menarik

    Dalam pembuatan konten penjualan produk, pastikan Anda mengemasnya secara berkualitas dan mengikuti trend zaman now. Anda bisa menggunakan hashtag-hashtag yang sedang populer agar hashtag tersebut dapat mengarahkan calon costumer ke produk yang Anda tawarkan. Anda juga dapat mengetahui trend dengan melihat trends.google.com dan mengikuti trend yang sedang meningkat di Indonesia melalui situs tersebut. Setelah itu, buatlah konten menggunakan tema sesuai dengan topik yang sedang populer. Dengan usaha yang benar, produk Anda dapat terjual secara cepat tanpa harus menunggu lama.

    sumber : fashions.boom sumber : stylefreakster sumber : slideshare

    Hal penting lainnya untuk membuat suatu konten yang menarik, pastikan Anda mengetahui karakter calon customer yang sesuai dengan target produk Anda. Apa saja yang mereka butuhkan dan di mana mereka bisa mendapatkan produk keinginannya. Anda juga harus bisa memastikan isi konten Anda telah sesuai dengan target pembeli Anda.


    Sumber : Kumparan

    Sebagai contoh, misalnya target produk Anda sesuai untuk pembeli yang berusia 17-40 tahun sehingga mereka cukup mengerti media sosial, dan mengikuti trend yang sedang hangat setiap saat. Peran Anda sebagai pelaku bisnis, buatlah konten sesuai dengan yang mereka inginkan agar mereka dapat merujuk ke usaha Anda ini.

    Perlu diperhatikan juga dalam pembuatan konten, kata-kata yang panjang dan tidak bermanfaat agar tidak digunakan. Dalam pendeskripsian suatu produk, baiknya langsung saja ke inti dari produk tersebut tanpa bertele-tele, dan tepat sasaran tentunya. Selain itu, tunjukan manfaat yang terdapat dalam produk Anda pada konten yang sudah dibuat. Anda harus bisa meyakinkan calon costumer bahwa produk Anda adalah satu-satunya produk yang mereka inginkan. Pilihlah kata-kata yang tepat tanpa adanya pengulangan dan hal yang sulit dimengerti.


    Sumber : Adsofttheworld

    Anda harus menggunakan gambar-gambar yang menunjukan keaslian produk Anda. Pasanglah foto asli dari produk Anda, jangan sampai mengambil foto dari produk orang ataupun situs lain. Tunjukan kepada calon costumer bahwa produk Anda benar-benar ada dijual dengan kualitas yang baik. Anda juga bisa meningkatkan tampilan produk-produk Anda dengan hiasan yang memanjakan mata. Contohnya, pada suatu produk terdapat karakter pahlawan yang sedang berperan memegang produk Anda, dan masih banyak lagi. Karena hal ini, pembeli dapat terhibur ketika melihat gambar dari produk yang Anda jual.

  4. Mengetahui Strategi dan Mempelajari Program Pengiklanan untuk Pemasaran di Media Elektronik

    Pengiklanan merupakan salah satu bagian terpenting dalam hal pemasaran. Tanpa adanya iklan, produk Anda mungkin akan sulit untuk dikenal. Oleh sebab itu dengan diadakannya iklan, seluruh calon customer Anda bisa diberi tahu bahwa terdapat produk yang sesuai dengan keinginan mereka. Jika Anda sudah memiliki website, media sosial, dan sudah mengatur juga isi kontennya tetapi masih terasa ada yang kurang karena produk Anda belum banyak diketahui ataupun masih kurang diminati, solusinya yaitu memasang iklan produk Anda. Lalu, bagaimana sih cara membuat iklan yang bagus itu ? Dan iklan yang baik itu seperti apa ya ?

    sumber : Hipwee sumber : Tribunnews

    Iklan produk Anda pastinya harus terlihat menarik, layaknya kita membuat konten, dalam proses pengiklanan juga harus terlihat menarik. Jika Anda memiliki dana yang besar, Anda dapat membuat iklan menggunakan proses syuting yang akan menampilkan video-video unik dari artis terkenal atau dengan sentuhan graphic motion. Anda juga dapat membuat iklan berupa promosi yang menunjukkan produk Anda sedang ada potongan harga dan terdapat berbagai penawaran menarik lainnya. Dengan ini, penonton pasti mau meluangkan waktunya untuk melihat iklan tersebut dan tertarik untuk membeli maupun menggunakan produk Anda.


    Sumber : Idntimes

    Iklan Anda harus bisa memancing emosi calon pembeli (bukan emosi untuk berantem ya hehe). Emosi di sini berupa reaksi yang muncul ketika iklan Anda dilihat. Calon pembeli bisa saja ikut berempati terhadap kejadian yang diperankan oleh model dalam iklan Anda. Dengan begini, calon pembeli pasti akan merasa penasaran dan mau mencari tahu lebih tentang produk Anda.

    Terakhir, iklan Anda juga harus mendidik. Jangan membuat iklan yang asal-asalan, mengganggu, dan muncul begitu saja. Itu salah! Membuat iklan yang mendidik bisa dengan menyisipkan pesan moral untuk membuat calon costumer tersentuh di luar hal memasarkan produk Anda.


    Sumber : Uxdesign

    Setelah mengetahui strategi pengiklanan, Anda perlu mempelajari berbagai program pengiklanan di media elektronik agar iklan Anda bisa tepat sasaran. Hal pertama, cari tahu dan pilihlah tempat untuk memasarkan produk Anda. Misalnya pada Instagram, Anda bisa membuat ataupun mengubah akun yang sudah Anda miliki menjadi akun bisnis. Dalam akun bisnis di Instagram, sudah tersedia fitur untuk menunjang bisnis Anda seperti pencapaian dan minat orang-orang terhadap akun Anda.

    Atur program pengiklanan sesuai keinginan Anda. Hal ini sudah menjadi pengetahuan umum bagi pebisnis yang menggunakan media elektronik. Seperti bisnis offline pada dasarnya, atur target customer Anda dengan spesifik. Jenis kelamin, usia, kebiasaan, hobi, trending pasar, ingin iklan Anda ditampilkan seperti apa, muncul di feed Instagram atau di sela-sela Instagram story, dan sebagainya. Jangan lupa atur berapa lama dan berapa banyak iklan yang ingin Anda pasang untuk mengetahui biaya pengiklanan. Anda juga bisa bekerja sama dengan akun lainnya untuk saling mempromosikan produk dan mendapatkan keuntungan bersama. Cukup mudah bukan ? 
 

Tag : domainesia, hosting murah, domain murah, hosting indonesia, hosting terbaik, lomba blog domainesia, lomba seo, lomba blog 2019, lomba seo 2019.

Comments